Cara Agar Bagaimana Anak Anda Mudah Tunaikan Shalat

foto: ibtimes


SHALAT ialah tiang agama untuk umat islam. Sehingga, mengajarkan anak untuk mau belajar shalat sejak dini sangatlah penting.

Akan tetapi, didalam mengajarkan shalat memang tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Tentunya akan ada hal-hal yang nantinya membuat anak anda susah untuk mau menunaikan shalat.

Jika begitu, bagaimana kah caranya agar bisa membuat anak-anak Anda shalat dengan kesadarannya sendiri, tanpa harus terlebih dahulu berdebat dan tanpa perlu diingatkan?

Seorang sahabat berkisah: “saya akan menceritakan satu kisah yang terjadi padsaya”. Saat itu, anak perempuanku duduk di kelas 5 SD.

Shalat baginya ialah hal yang sangat berat, sampai-sampai suatu hari saya berkata kepadanya: “Bangun! Shalat!”, dan saya selalu mengawasinya. saya melihatnya mengambil sajadah, kemudian melemparkannya ke lantai, lalu kemudian sampai ia mendatangiku.

saya bertanya kepadanya: “Apakah kamu sudah shalat?”. Ia menjawab: ” Sudah”.

Kemudian saya menamparnya. saya tahu saya salah.Tetapi kondisinya memang benar-benar sulit.

saya menangis. saya benar-benar marah padanya, saya rendahkan dia dan saya mensayat-nsayatinya akan siksa Allah. Tapi….ternyata semua kata-katsaya itu tidak ada manfaatnya.

Suatu hari, seorang sahabatku bercerita suatu kisah. Suatu ketika ia berkunjung kerumah seorang kerabat dekatnya, seorang yang biasa-biasa saja dari segi agama , tapi ketika datang waktu shalat, semua anak-anaknya langsung bersegera melaksanakan shalat tanpa diperintah.

Ia berkata: saya berkata padanya, “Bagaimana anak-anakmu bisa shalat dengan kesadaran mereka tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan?”

Ia menjawab: Demi Allah, saya hanya ingin mengatakan padamu bahwa sejak jauh sebelum saya menikah saya selalu memanjatkan doa ini, dan sampai saat ini pun saya masih tetap berdoa dengan doa tersebut.

Setelah saya mendengarkan nasehatnya, saya selalu tanpa henti berdoa dengan doa ini. saya selalu melantunkannya dalam sujudku, saat sebelum salam, ketika witir dan disetiap waktu-waktu mustajab.

Demi Allah wahai saudara-saudarsaya. Anakku saat ini telah duduk dibangku SMA. Sejak saya memulai berdoa dengan doa itu, anakku lah yang rajin membangunkan kami dan mengingatkan kami untuk sholat. Dan adik-adiknya, Alhamdulillah mereka semua selalu menjaga shalat!

Sampai-sampai saat ibuku berkunjung dan menginap dirumah kami, ia tercengang melihat anak perempuanku bangun pagi, kemudian membangunkan kami satu persatu untuk shalat.

Saya tahu Anda semua penasaran ingin mengetahui doa apakah itu? Ya, doa ini ada di dalam Al Qur’an yakni dalam surat Ibrahim ayat 40.

Doa ini bunyinya sebagai berikut:

“Ya Tuhanku, jadikanlah saya dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doa saya.”

Ya, doa…doa…dan doa. Sebab, doa ialah senjata bagi seorang mukmin.


Sumber : islampos.com